Friday 22 February 2008

Nikmat mana lagi yang engkau dustakan?

Nikmat mana lagi yang engkau Dustakan?”

Hari ini hari Rabu.. gw ngerasa sibuuuk banget. Berangkat dari pondok hari selasa jam 07.30 pagi, sampai sekarang Rabu jam 12.30 gw belum juga pulang kepondok. Kuliah, jaga smpe 2 shift, bergadang dan tidur beberapa menit diNetCity Warnet tempat kerja gw, trus kuliah dari pagi jam 08.00 sampai sore nanti. Wough... lelah & capeeek banget yg gw rasain, tp inilah yang selalu gw namakan PERJUANGAN HIDUPKU dalam menggapai kebahagiaan. Takut juga sih dicariin sm Pak muhadi (Pak Kyai) tp mungkin kyknya gw baru pulang kepondok kamis jam 7.00 pagi besok. insyaALLAH biidzniLLAH, krn ntar malam jam 23.00 gw jaga malem lagi diNetCity, jadi klo gw habis kuliah pulang sore maka sangat nanggung banget & boros diBensin juga sih krn ntar malem balik kesini lagi.

Tadi sekitar jam 10an, ternyata matakuliah Al-Qiroah 1 kebetulan kosong. Jadi gw gunakan kesempatan waktu kosong ini untuk tidur dimushola, karena sebenernya klo bisa dibilang, gw terlalu memaksakan fisik untuk gak istirahat. dari semalam hanya beberapa menit aja gw istirahat yaitu pas peralihan shift & menjelang kuliah pagi agar ga terlalu ngantuk pas dikelas. Sbelum tidur dimushola gw smpet mikir buat shalat Dhuha, tp karena emang gw terlalu males, badan gw juga lemes & mata gw ngantuuuk banget. Akhirnya gw tertidur.

Dalam tidur, gw agak-agak ga nyenyak.. karena memang letak mushola fakultas tabiyah /syari’ah deket dengan tangga. Pada sekitar jam 12an (kurang lebih) gw dengeer adzan berkemandang dari kejauhan yang menandakan sudah masuknya waktu untuk shalat dzuhur. Pada waktu itu pula gw terbangun dan merasa sedikit seger karena badan gw seperti telah di”isi ulang” dengan istirahat. Disaat gw bangun, gw lihat ada beberapa mahasiswa UIN yg sedang menunaikan shalat dzuhur berjamaah. Gw terdiam dan mencoba memulihkan dulu kesadaran gw setelah bagun tidur dengan duduk bersandar didinding. Taklama kemudian tiba-tiba aja gw lihat ada seseorang mahasiswa yang tunanetra atau tidak punya penglihatan (baca:buta mata) datang kemushola untuk shalat berjama’ah. Gw perhatikan dengan seksama gerak-geriknya, dengan instingnya dia berjalan menuju shaf orang shalat yang kebetulan waktu itu sudah takhiyat akhir. dan akhirnya dengan instingnya pulalah dia mengajak salah satu mahasiswa yg baru datang kemushola untuk berjamaah.

Tercengang dan tersentuh hati gw melihat peristiwa itu.. melihat bagaimana dia seorang yang buta mata, tapi tak buta hatinya. Dia senantiasa OnTime dalam menjawab panggilan ALLAH untuk shalat, dan senantiasa ingin selalu berjama’ah. Sedangkan gw.?????? Selalu menunda nunda waktu shalat hanya karena 1 alasan yaitu “Malas”, selalu berkilah dengan kata “sibuk” ketika adzan sudah berkumandang. Dan selalu saja malas untuk shalat berjama’ah.

Ketika itu terbesit difikiran gw, "Yaa ALLAH.. betapa kufurnya Hamba atas segala nikmat-nikmat dan karuniamu.. “ seketika gw jd ingat akan firman ALLAH : “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. Ar-Rahman [55] : 1-13).

Saat itu pula gw nangis & menitikkan air mata, gw berandai-andai seandainya saja ALLAH menghapus dan menghilangkan nikmat melihat ini.. betapa sedihnya hati gw karena tidak bisa melihat keindahan dunia, tidak bisa menggapai cita-cita gw untuk membantu orangtua, menghajikan orang tua, membiayai kuliah adik-adik gw. Lalu terbesit pula didalam benak gw “Masihkah dia orang yang mencintai gw saat ini mencintai pula jika tidak ada penglihatan dimata gw??..” dan sebagainya-sebagainya... berbagai macam fikiran menghantui dan membayangi gw.

Ketika itu juga gw bangkit dan bersegera untuk mengambil air wudlu untuk melaksanakan shalat dzuhur.. terbayang jelas dalam fikiran gw, bagaimana seandainya gw tidak diberi kenikmatan untuk dapat melihat dunia ini. Besaaaar banget penyesalan dihati gw.. karena selama ini gw rasa penglihatan yang dianigerahi ALLAH keGw hanya untuk meksiat maksiat dan maksiat lagi.. wlopun kadang gw nyesel, tp kadang juga gw ulangi lagi kesalahan yang sama. AstaghfiruLLAH Al-Adziem..

Yaa ALLAH.. Nikmat mana lagikah yg bisa hamba ingkari?? Nikmat sehat ini.. nikkmat melihat ini.. Nikmat iman ini.. Yaa akhiy Al-U'mmiyyi syukron atas nasihat secara tidak langsungnya, maha besar ALLAH yang telah menciptakan segala sesuatu dengan hikmah dan manfaat & Tiada yang sia-sia.

No comments: